Dalam postingan ini kita akan belajar tentang penggunakaan socket programming, contoh yang kita pakai disini adalah aplikasi chatting, dengan menggunakan bahasa C,
pertama adalah buat file C yang akan menjadi server dan client. berikut kodingnya :
koding untuk server :
#include<stdio.h>
#include<netinet/in.h>
#include<sys/types.h>
#include<sys/socket.h>
#include<netdb.h>
#include<stdlib.h>
#include<string.h>
#define MAX 80
#define PORT 43454
#define SA struct sockaddr
void func(int sockfd)
{
char buff[MAX];
int n;
for(;;)
{
bzero(buff,MAX);
read(sockfd,buff,sizeof(buff));
printf("From client: %s\t To client : ",buff);
bzero(buff,MAX);
n=0;
while((buff[n++]=getchar())!='\n');
write(sockfd,buff,sizeof(buff));
if(strncmp("exit",buff,4)==0)
{
printf("Server Exit...\n");
break;
}
}
}
int main()
{
int sockfd,connfd,len;
struct sockaddr_in servaddr,cli;
sockfd=socket(AF_INET,SOCK_STREAM,0);
if(sockfd==-1)
{
printf("socket creation failed...\n");
exit(0);
}
else
printf("Socket successfully created..\n");
bzero(&servaddr,sizeof(servaddr));
servaddr.sin_family=AF_INET;
servaddr.sin_addr.s_addr=htonl(INADDR_ANY);
servaddr.sin_port=htons(PORT);
if((bind(sockfd,(SA*)&servaddr, sizeof(servaddr)))!=0)
{
printf("socket bind failed...\n");
exit(0);
}
else
printf("Socket successfully binded..\n");
if((listen(sockfd,5))!=0)
{
printf("Listen failed...\n");
exit(0);
}
else
printf("Server listening..\n");
len=sizeof(cli);
connfd=accept(sockfd,(SA *)&cli,&len);
if(connfd<0)
{
printf("server acccept failed...\n");
exit(0);
}
else
printf("server acccept the client...\n");
func(connfd);
close(sockfd);
}
koding untuk client :
#include<stdio.h>
#include<netinet/in.h>
#include<sys/types.h>
#include<sys/socket.h>
#include<netdb.h>
#include<string.h>
#include<stdlib.h>
#define MAX 80
#define PORT 43454
#define SA struct sockaddr
void func(int sockfd)
{
char buff[MAX];
int n;
for(;;)
{
bzero(buff,sizeof(buff));
printf("Enter the string : ");
n=0;
while((buff[n++]=getchar())!='\n');
write(sockfd,buff,sizeof(buff));
bzero(buff,sizeof(buff));
read(sockfd,buff,sizeof(buff));
printf("From Server : %s",buff);
if((strncmp(buff,"exit",4))==0)
{
printf("Client Exit...\n");
break;
}
}
}
int main()
{
int sockfd,connfd;
struct sockaddr_in servaddr,cli;
sockfd=socket(AF_INET,SOCK_STREAM,0);
if(sockfd==-1)
{
printf("socket creation failed...\n");
exit(0);
}
else
printf("Socket successfully created..\n");
bzero(&servaddr,sizeof(servaddr));
servaddr.sin_family=AF_INET;
servaddr.sin_addr.s_addr=inet_addr("127.0.0.1");
servaddr.sin_port=htons(PORT);
if(connect(sockfd,(SA *)&servaddr,sizeof(servaddr))!=0)
{
printf("connection with the server failed...\n");
exit(0);
}
else
printf("connected to the server..\n");
func(sockfd);
close(sockfd);
}
ketika sudah dibuat saatnya menguji dengan menggunakan terminal, buka 2 terminal. jalan kan server di satu terminal dan client di terminal lain.
jalan kan dengan perintah :
gcc -o <nama aplikasi> <nama file c>.c
./<nama aplikasi>
setelah keduanya dijalankan, maka coba mengirim pesan.
kalau anda berhasil maka akan penampilannya akan seperti gambar berikut :
source : http://mcalabprogram.blogspot.com/2012/01/tcp-sockets-chat-applicationserver.html
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMas kok ada error yaa pas saya compile?
BalasHapus